Pedasnya Mie Lethek Balungan Mbah Sur

Kuliner Jogja- Liburan ke Jogja, nggak lengkap rasanya kalau nggak explore kulinernya. Ada banyak sekali kuliner jogja yang wajib kamu cicipi. Mulai dari Gudeg, Oseng-oseng Mercon, Sayur Lombok Ijo, Sayur Lodeh, Sate Klathak, Bakmi Jowo, Nasi Thiwul, dan lain sebagainya.  Satu lagi kuliner jogja yang nggak boleh kamu lewatkan. Kuliner ini termasuk kuliner malam Jogja. karena hanya akan kamu temui ketika malam hari. Pas untuk menemani mu menghabiskan indahnya malam Jogja bersama pasangan, keluarga atau teman-teman.  Kuliner satu ini adalah salah satu kuliner khas Bantul, yaitu Mie Lethek. Merupakan kuliner yang berbahan dasar tepung Tapioka dan singkong. Mengapa disebut “lethek”? Karena mie ini memiliki warna kecoklatan dan kurang menarik, sehingga disebut “lethek” yang berarti kotor atau tidak bersih.

Warnanya memang terlihat kusam, ini karena proses produksinya yang alami dan menggunakan cara tradisional. Alami karena tidak menggunak zat pemutih, pewarna ataupun pengawet makanan. Bentuknya mirip mie bihun, namun mie lethek lebig tebal dan teksturnya lebih kenyal dibandingkan dengan mie yang terbuat dari gandum.  Uniknya, proses pembuatan mie lethek ini menggunakan bantuan tenaga sapi. Bagaimana bisa? Pasti kamu penasarankan? Jadi, tenaga sapi di sini dimanfaatkan untuk menggerakkan silinder seberat 1 ton sebagai alat pengaduk adonan mie. Adonan yang sudah diaduk tersebut kemudian dikukus di atas tungku tanah liat.  Salah satu kuliner mie lethek yang terkenal adalah Mie Lethek Balungan Mbah Sur. Penasaran gimana kelezatan mie lethek ini? Simak dulu yuk ulasan singkatnya.

Menu Mie Lethek Balungan Mbah Sur

Menu andalannya adalah mie lethek godog atau goreng lengkap dengan balungan ayam yang super pedas. Ada juga menu makanan Magelangan goreng dengan balungan atau daging ayam. Kamu cari menu yang ada nasinya? Tenang saja, Mbah Sur juga menyediakan menu makanan berupa sego godog balungan atau denga ayam. Lalu ada nasi goreng dengan tambahan daging ayam dan balungan.

Buat kamu pecinta makanan super pedas, kamu bisa memesan menu makanannya dengan berbagai pilihan level pedas. Mulai dari level gurih atau tanpa cabai, naik lagi menjadi level Paud dengan 2 cabai, level SD dengan 6 cabai, hingga level S3 denan 40 cabai dan S3+ dengan 50 cabai. Berani coba?

Rasa pedasnya akan terasa pecah di mulut. Lebih nikmat lagi kalau menyantap balungan dengan menggunakan tangan. Cara inilah yang menjadi daya tarik untuk menikmati lezatnya balungan Mbah Sur. Ditambah lagi menikmati sensai pedasnya mie lethek yang dilengkapi dengan orak-arik telur yang terasa gurih sebagai penawat rasa pedas.

Harga Mie Lethek Balungan Mbah Sur

Soal harga, jangan khawatir, harga yang ditawarkan sangat terjangkau untuk seporsi mie lethek yang super lezat. Berikut ini daftar harga menu sajian mie lethek Mbah Sur :

  • Mie Godhog Balungan Rp 17.000
  • Mie Godhog Daging A Rp 15.000
  • Mie Godhog Daging B Rp 12.000
  • Mie Goreng Balungan Rp 17.000
  • Mie Goreng Daging A Rp 15.000
  • Mie Goreng Daging B Rp 12.000
  • Magelangan Goreng Balungan Rp 17.000
  • Magelangan Goreng Daging A Rp 15.000
  • Magelangan Goreng Daging B Rp 12.000
  • Sego Godhog Balungan Rp 17.000
  • Sego Godhog Daging A Rp 15.000
  • Sego Godhog Daging B Rp 12.000
  • Nasi Goreng Sosis Rp 12.000
  • Nasi Goreng Gila Rp 15.000
  • Nasi Goreng Balungan  Rp 17.000
  • Nasi Goreng Daging A Rp 15.000
  • Nasi Goreng Daging B Rp 12.000

Untuk menu minumannya sendiri, mulai dengan harga Rp 3.000 hingga Rp 6.000.

Kamu yang hobi jalan-jalan malam dan menghabiskan waktu menikmati syahdunya kota Jogja, coba saja ke arah selatan menuju kawasan Bantul. Banyak kuliner malam yang bakal kamu temui. Mampirlah untuk mencicipi sajian hangat makanan khas Jogja ini. Salah satunya Mie Lethek Balungan Mbah Sur. Warung makan yang sederhana, begitu ramah menyapa. Namun, jangan salah sangka. Dibalik kesederhanaannya, warung makan ini menyembunyikan menu dengan citarasa yang khas dan tiada duanya.

Ayo liburan ke Jogja, ajaklah pasangan, keluarga, atau teman-teman untuk ikut mencicipi lezatnya Mie Lethek Balungan Mbah Sur. Habiskan malam mu ditemani orang terkasih sambil menyantap mie lethek. Selamat mencoba….

Selengkapnya

Review

Jam Buka :
Warung makan Mbah Sur ini buka setiap hari mulai pukul 4 sore hingga 2 pagi. Warung makn ini kini ramai dikunjungi wisatawan yang ingin merasakan nikmatnya kelezatan mie lethek Mbah Sur ini. Kami sarankan, kamu datang lebih awal sebelum warung ini buka. Jika tidak, kamu bakal kehabisan menu andalan mereka yaitu mie lethek balungannya. Datanglah 30 menit atau 1 jam sebelum jam buka warung.

Lokasi

Lokasinya :
Warung makan Mbah Sur ini berada di Jalan Tegal Layang Wetan RT 06, Caturharjo, Pandak, Bantul. Jaraknya cukup jauh dari pusat Kota Jogja, yaitu sekitar 22,5 km. Namun, cukup dekat dengan Desa Wisata Lopati, yaitu hanya 1,6 km atau sekitar 19 menit.

Rute

Rute : Untuk bisa mencapai warung makan Mbah Sur ini, kalau kamu berangkat dari Titik Nol kilometer Jogja, kamu ambil Jalan KH Ahmad Dahlan lalu menuju Jalan Suryowijayan. Terus melaju ke Jalan Bantul dan masuk ke Jalan Srandakan. Sesampainya di Pasar Mangiran, belok kiri. Kemudian belok kiri lagi pada gang kedua. Hingga menemui perempatan belok kanan. Kamu akan menjumpau pertigaan pertama dan belok kiri. Kamu akan sampai di Warung Makan Mie Lethek Balungan dan Ayam Kampung Mbah Sur.

Harga Tiket

Fasilitas